-->

7 Tips Dekorasi Kamar Tidur Sempit agar Terlihat Luas Halaman all - Kompas.com



7 Tips Dekorasi Kamar Tidur Sempit agar Terlihat Luas Halaman all





JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kamar tidur sempit sudah menjadi hal yang wajar saat ini. Kondisi ini tidak terlepas dari semakin terbatasnya luasan rumah.


Akan tetapi, kamar tidur sempit atau kamar tidur kecil tidak selalu berati buruk. Kamar tidur sempit berarti Anda tidak perlu repot membersihkannya, bisa lebih membuat Anda merasa nyaman, dan lebih mudah didekorasi.



Namun demikian, tidak dimungkiri banyak orang ingin membuat kamar tidur sempit terlihat lebih luas. Ini dapat dilakukan dengan mudah, asalkan Anda cermat dalam hal dekorasi kamar tidur sempit Anda.



Baca juga: 5 Cara Menghadirkan Pencahayaan di Kamar Tidur



Ilustrasi lemari pakaian di kamar tidur sempit.
SHUTTERSTOCK/DADAO

Ilustrasi lemari pakaian di kamar tidur sempit.



Dilansir The Spruce, Jumat (12/8/2022), berikut beberapa tips dekorasi kamar tidur sempit agar terlihat luas.


1. Gunakan warna gelap


Anda mungkin selalu mendengar bahwa ruangan kecil membutuhkan dinding putih untuk membuka ruang.


Meskipun benar bahwa putih memberikan tampilan yang lapang dan terbuka, juga benar bahwa warna gelap secara mengurangi visual, membuat sesuatu yang gelap terlihat lebih jauh dari yang sebenarnya.


Manfaatkan keajaiban warna itu dengan mengecat dinding kamar tidur dengan warna sedang hingga gelap dengan warna sejuk seperti biru nila, hijau tua, atau abu-abu tua.



Baca juga: 8 Barang yang Harus Disingkirkan dari Kamar Tidur Menurut Feng Shui


Jika Anda tidak net terlalu banyak efek dramatis, cat hanya satu dinding dengan warna gelap current Anda.


Kamar tidur Anda tidak hanya akan tampak sedikit lebih besar, warna-warna sejuk yang menenangkan dan membantu Anda tertidur.



Ilustrasi ide penempatan kursi ottoman di kamar tidur, yakni di kaki tempat tidur.
UNSPLASH/SPACEJOY

Ilustrasi ide penempatan kursi ottoman di kamar tidur, yakni di kaki tempat tidur.



2. Cermat dalam menggunakan pola



Kamar tidur kecil tidak berarti Anda terbatas pada cetakan kecil atau tidak ada pola sama sekali. Namun, jika Anda ingin kamar tidur sempit terlihat lebih luas, sebaiknya batasi pola besar pada aksen kecil, seperti bantal, seprai, atau kap lampu.


Gunakan pola padat atau skala kecil pada selimut, penutup jendela, dan furnitur berlapis kain. Pertahankan tampilan ramping dengan memilih pola dengan palet yang sama, atau setidaknya beberapa warna yang sama.



Baca juga: 5 Cara Praktis Merapikan Kamar Tidur Secepat Kilat


Ini juga membantu mengelabui mata agar melihat ruang yang lebih besar dari yang sebenarnya.



3. Biarkan lantai tetap "bersih"


Memecah ruang lantai dengan karpet kecil adalah cara pasti untuk membuat kamar tidur sempit terlihat lebih sempit. Apa pun pilihan lantai Anda, jika Anda ingin ruangan terlihat lebih besar, pikirkan dinding ke dinding.


Itu tidak hanya berarti karpet, lantai kayu atau laminasi dengan hasil akhir yang sedikit mengkilap juga sangat baik untuk membuka ruang secara visual.


Jika Anda unblemished menggunakan karpet, pilih yang cukup besar untuk memenuhi hampir seluruh ruangan. Anda akan mendapatkan lebih banyak ruang visual, ditambah sentuhan kenyamanan hangat untuk kaki.



Baca juga: Ide Kamar Tidur Minimalis dengan Berbagai Kombinasi Elemen Dekorasi


4. Cermat memilih tirai


Tirai atau gorden yang tepat berfungsi ganda untuk membuka ruangan sempit. Pertama, pilih tirai dengan warna yang sama dengan dinding, atau hanya sedikit lebih gelap.


Kedua, gantung tirai tinggi-tinggi, dengan batang hanya satu atau dua inci di bawah garis plafon, dan kainnya digantung di lantai.


Kurangnya kontras warna dengan dinding membuat ruangan terlihat lebih luas, sedangkan gorden yang panjang membuat langit-langit terlihat lebih tinggi. Ini adalah kemenangan ganda untuk ruangan kecil.



Ilustrasi kamar tidur.
UNSPLASH/SPACEJOY

Ilustrasi kamar tidur.



5. Atur pencahayaan


Ruangan yang remang-remang terasa sesak. Hilangkan kegelapan dengan pencahayaan yang baik.



Baca juga: 6 Kesalahan Tata Letak Kamar Tidur yang Kerap Dilakukan


Bahkan di kamar tidur kecil, Anda membutuhkan setidaknya dua sumber cahaya. Minimal, Anda memerlukan lampu samping tempat tidur dan lampu lantai di seberang ruangan.


Jika Anda memiliki pencahayaan langit-langit juga, itu lebih baik. Kemudian, alih-alih lampu samping tempat tidur, pasang sconce dinding tepat di atas dan di samping tempat tidur.


6. Cermin


Anda tidak dapat mengalahkan kualitas cermin yang menipu untuk memperbesar kamar tidur kecil secara visual. Anda memerlukan setidaknya satu cermin besar atau panjang penuh di kamar tidur.


Gantung cermin besar di atas meja rias, atau pasang cermin ukuran penuh di pintu lemari pakaian.



Baca juga: Cara Mudah Mendekorasi Kamar Tidur Sempit Jadi Terlihat Mewah


Anda juga dapat memanfaatkan kualitas cermin yang memantulkan cahaya dan memperbesar ruang dengan memilih nakas cermin atau meja samping tempat tidur kecil.


7. Gunakan tempat tidur tanpa footboard


Sementara setiap tempat tidur membutuhkan semacam sandaran kepala untuk menyeimbangkan permukaan horizontal besar kasur, alas kaki atau bangku di bagian bawah tempat tidur adalah opsional.


Jika kamar tidur Anda sangat kecil, dan terutama jika ada sedikit ruang antara ujung kasur dan dinding, lewati alas kaki. Sebagai gantinya, gunakan seprai yang menutupi lantai.


Garis kain yang tidak terputus membuat mata tetap bergerak, membuat kamar tidur terlihat sedikit lebih besar.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompascom. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terima Kasih Untuk Ibu Yang Sudah Datang Ke Website Kami Blogname Dengan Artikel Yang Berjudul 7 Tips Dekorasi Kamar Tidur Sempit agar Terlihat Luas Halaman all - Kompas.com, Kami Menyajikan Berbagai Macam Tips Dan Cara Yang Bermanfaat Untuk Kita Semua.Jangan Lupa Untuk Selalu Share Artikel Ini Jika Bermanfaat.

Blog : Blogname

Sumber : https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMidWh0dHBzOi8vd3d3LmtvbXBhcy5jb20vaG9tZXkvcmVhZC8yMDIyLzA4LzEyLzEwMDcwMDk3Ni83LXRpcHMtZGVrb3Jhc2kta2FtYXItdGlkdXItc2VtcGl0LWFnYXItdGVybGloYXQtbHVhcz9wYWdlPWFsbNIBbGh0dHBzOi8vYW1wLmtvbXBhcy5jb20vaG9tZXkvcmVhZC8yMDIyLzA4LzEyLzEwMDcwMDk3Ni83LXRpcHMtZGVrb3Jhc2kta2FtYXItdGlkdXItc2VtcGl0LWFnYXItdGVybGloYXQtbHVhcw?oc=5


carajitu.biz.id
LihatTutupKomentar