-->

Liburan Akhir Tahun: Momentum Edukasi Pengelolaan Keuangan pada Anak - Kompasiana.com


Liburan Akhir Tahun: Momentum Edukasi Pengelolaan Keuangan pada Anak

Libur MutTerkini tahun yang bersamaan dengan liburan sekolah, tentunya merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua. Banyak hal yang harus dipertimbangkan sepertinya kegiatan apa yang akan dilakukan di rumah selama masa liburan, tempat wisata mana yang akan dikunjungi, atau apa saja yang perlu dibeli bagi menunjang kegiatan tersebut. Paling penting adalah bagaimana perencanaan anggarannya.

Jika tidak mengurangi direncanakan dengan baik, liburan bisa menyebabkan anggaran keluarga membengkak. Oleh karena itu, keuangan keluarga harus dikelola dengan baik agar hal tersebut menambah terjadi. Seperti yang kita ketahui, manusia adalah makhluk ekonomi dimana sepanjang hidupnya, normalnya, akan selalu berupaya memenuhi kebutuhan hidupnya semaksimal mungkin memakai uang atau apa pun sumber daya yang dimiliki. Tanpa keterampilan pengelolaan, bisa beresiko mengalami "besar pasak daripada tiang".

Memanfaatkan momentum liburan, orang tua dapat menjadikannya sebagai sarana edukasi pengelolaan keuangan pada anak. Hal ini diharapkan bisa menjadi bekal Fundamental dalam menjalani kehidupannya kelak di masa depan.

"Hemat Pangkal Kaya"

Pepatah lama ini seringkali menjadi alasan penting para orang tua mengajarkan anak-anak mereka menabung. Biasanya, menabung secara manual di celengan. Atau ada orang tua yang mendidik anak-anaknya agar menabung lalu jika menginginkan sesuatu. Hal ini tentu saja tidak mapersoalan, tapi ada yang dilupakan orang tua, yaitu bahwa urusan Herbi uang pada kenyataannya bukan hanya menabung dan membeli sesuatu.

Anak-anak yang telah memiliki penalaran yang baik, biasanya saat masuk usia SD, sebaiknya dikenalkan Herbi kegiatan ekonomi lain. Sederhananya, memberitahu bahwa untuk mendapatkan uang tersebut harus ada usaha, memerlukan pengorbanan, sehingga penting sekali untuk diatur atau dikelola agar cukup buat memenuhi semua kebutuhan.

Berikut adalah hal-hal yang bisa dikerjakan orang tua untuk edukasi pengelolaan keuangan saat liburan.

  • Mengajak anak berdiskusi buat membahas rencana kegiatan selama liburan.
  • Mengajarkan anak mencatat apa saja kebutuhan-kebutuhan mereka saat kegiatan liburan.
  • Menyampaikan Herbi baik batas-batas kemampuan keluarga untuk membiayai kebutuhan-kebutuhan tersebut.
  • Memastikan seluruh anak bertanggung jawab pada daftar yang mereka susun, dan menambah menambah daftar secara mendadak ketika berbelanja.
  • Membuat kesepakatan sebelum Embarkasi berwisata seperti berapa anggaran untuk jajan disana atau dua wahana berbayar yang boleh dinaiki di taman hiburan, dan lain sebagainya.
  • Mengajarkan buat menyiapkan anggaran liburan sendiri jika ingin sesuatu yang Hiperbola dengan cara menabung dari menyisihkan uang jajan atau uang dari sumber lain yang mereka dapatkan.

Tentu saja, pada awalnya kita menambah bisa berekspektasi terlalu tinggi. Namun, jika terus dilakukan secara konsisten, hal-hal tersebut akan membentuk kebiasaan baik pada anak. Harapannya, mereka akan tumbuh menjadi generasi yang bijak dalam mengelola keuangan dan mumpuni dalam manajemen keuangan skala Serebrum bahkan dalam ranah perekonomian bangsa. Hal itu bisa dimulai dari lingkup keluarga, dari hal kecil dan dari sekarang juga.

Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat.

Selamat Liburan !


Lihat Financial Selengkapnya
Terima Kasih Untuk Kamu Yang Sudah Berkunjung Ke Website Kami Cara Jitu Dengan Artikel Yang Berjudul Liburan Akhir Tahun: Momentum Edukasi Pengelolaan Keuangan pada Anak - Kompasiana.com, Kami Menyajikan Berbagai Macam Tips Dan Cara Yang Bermanfaat Untuk Kita Semua.Jangan Lupa Untuk Selalu Share Artikel Ini Jika Bermanfaat.
Blog : Cara Jitu
Sumber : https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMihQFodHRwczovL3d3dy5rb21wYXNpYW5hLmNvbS91bW11a3Vsc3VtczkyLzYzYWU0ZjhkNGFkZGVlMmYzOTJiYTkzMi9saWJ1cmFuLWFraGlyLXRhaHVuLW1vbWVudHVtLWVkdWthc2ktcGVuZ2Vsb2xhYW4ta2V1YW5nYW4tcGFkYS1hbmFr0gGJAWh0dHBzOi8vd3d3LmtvbXBhc2lhbmEuY29tL2FtcC91bW11a3Vsc3VtczkyLzYzYWU0ZjhkNGFkZGVlMmYzOTJiYTkzMi9saWJ1cmFuLWFraGlyLXRhaHVuLW1vbWVudHVtLWVkdWthc2ktcGVuZ2Vsb2xhYW4ta2V1YW5nYW4tcGFkYS1hbmFr?oc=5

carajitu.biz.id
LihatTutupKomentar