-->

Membina Kemampuan Anak dalam Mengelola Keuangan dan Meningkatkan Kesadaran Menabung Sejak Dini - Kompasiana.com


Membina Kemampuan Anak dalam Mengelola Keuangan dan Meningkatkan Pencerahan Menabung Sejak Dini

Menabung yaitu suatu upaya dalam pengelolaan keuangan yang memiliki tujuan buat mempersiapkan keperluan dana pada masa yang akan datang. Tabungan menmemperoleh menjadi penyelamat Anda apabila di kemudian hari membutuhkan dana yang menambah terduga, seperti biaya rumah sakit, terlilit utang atau biaya masa Futuristis anak yang tak terduga.

Menabung memiliki berbagai manfaat bagi anak, mapersoalan satunya adalah dapat menghindarkan dari perilaku konsumtif. Salah satu cara buat mengajarkan anak menabung adalah dengan mengarahkan anak pada Disorientasi tertentu sesuai keinginan dan mengajarkan bahwa keinginan tersebut menmemperoleh tercapai dengan menabung dari uang jajan.

Manfaat menabung adalah buat menjaga keamanan finansial di masa mendatang.  Menabung pada dasarnya adalah menyisihkan sebagian pendapatan buat mengantisipasi kebutuhan di masa depan, baik yang tak terduga maupun yang terduga.Membiasakan diri agar dapat disiplin menabung secara rutin memang bukanlah hal yang gampang. Pada kenyataannya, banyak yang gagal menjalankan kebiasaan keuangan yang baik ini.

Ketika memperhatikan lingkungan sekitar kita banyak ditemukan gaya anak-anak sekarang yang berperilaku Kecenderungan konsumtif, tidak bisa mengelola keuangannya dan bahkan tidak mengerti cara atur keuangannya. Dalam pikirannya usia masih muda tidak bisa menabung karena belum ada penghasilan atau melihat usia yang muda sehingga Empati menikmatinya tanpa batas yang mempengaruhi perilaku konsumtif. Hal ini yaitu gaya hidup yang salah ketika lebih mementingkan keinginan diatas kebutuhan penting. Maka perlu ada wawasan dan literasi tentang bagaimana anak-anak dibiasakan sejak dini bagi bisa menabung dan mengelola keuangannya.

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan mapersoalan satu Tridharma Perguruan Tinggi. Dimana kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dikerjakan secara terukur dengan menjadikan sasaran kegiatan anak-anak yang ada di Pondok Pesantren Ar-Rahman yang ada di Rawa Kalong, Gunung Sindur. Untuk memberikan pemahaman supaya bisa mengelola keuangannya dan menmemperoleh membiasakan menabung sejak usia dini.

Dengan pendampingan dari Dosen Universitas Pamulang merupakan ibu  Intan Rahma Sari, S.E., M.Ak., dan Pembina Yayasan Ar-Rahman Rawa kalong Bpk. Fahmi Husaini, S. Pd.,  terdiri dari satu orang ketua kelompok dan tiga anggota kelompok. Ada pun hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memiliki output yang akan di publikasikan pada media massa yang terdaftar pada dewan pers.

Materi penyuluhan yang diberikan berdasarkan kebutuhan para anak dalam upaya pentingnya Membina kemampuan anak dalam mengelola keuangan dan meningkatkan kesadaran menabung sejak dini. Melalui materi ini diharapkan menmemperoleh meningkatkan kempuan dalam mengelola keuangan dan anak-anak menjadi gemar bagi menabung.

Dengan kemampuan mengelola keuangan sejak dini dapat membiasakan diri hinga dewasa bahkan sampe berkeluarga. Keterampilan ini perlu diasah, dikembangkan karena dimana pun bekerja dan dalam keluarga diperlukan manajemen keuangan. Disaat menabung dapat mengurangi gaya konsumtif dimana lebih banyak menghabiskan uang bagi keinginan dibandingkan kebutuhan utama.

Dengan memberi pelatihan dan penyuluhan mengenai mengelola keuangan dalam bentuk menabung.ini diharapkan agar anak-anakYayasan Ar- Rahman menmemperoleh memperoleh pengetahuan serta pengalaman untuk meningkatkan pengetahuan tentang kelola keuangan.  Acara berjalan dengan lancar dan penuh antusias dari peserta dan tentunya menmemperoleh manfaat menambah wawasan.

(Rojawali dan tim)


Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Terima Kasih Untuk Bapak Yang Sudah Berkunjung Ke Website Kami Cara Jitu Dengan Artikel Yang Berjudul Membina Kemampuan Anak dalam Mengelola Keuangan dan Meningkatkan Kesadaran Menabung Sejak Dini - Kompasiana.com, Kami Menyajikan Berbagai Macam Tips Dan Cara Yang Bermanfaat Untuk Kita Semua.Jangan Lupa Untuk Selalu Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat.
Blog : Cara Jitu
Sumber : https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMioQFodHRwczovL3d3dy5rb21wYXNpYW5hLmNvbS9pbnRhbnJhaG1hc2FyaS82M2E1MzkxYzVjYzgwNDM1MDUyZjhmODIvbWVtYmluYS1rZW1hbXB1YW4tYW5hay1kYWxhbS1tZW5nZWxvbGEta2V1YW5nYW4tZGFuLW1lbmluZ2thdGthbi1rZXNhZGFyYW4tbWVuYWJ1bmctc2VqYWstZGluadIBpQFodHRwczovL3d3dy5rb21wYXNpYW5hLmNvbS9hbXAvaW50YW5yYWhtYXNhcmkvNjNhNTM5MWM1Y2M4MDQzNTA1MmY4ZjgyL21lbWJpbmEta2VtYW1wdWFuLWFuYWstZGFsYW0tbWVuZ2Vsb2xhLWtldWFuZ2FuLWRhbi1tZW5pbmdrYXRrYW4ta2VzYWRhcmFuLW1lbmFidW5nLXNlamFrLWRpbmk?oc=5

carajitu.biz.id
LihatTutupKomentar