-->

Kelola Akuntansi Perusahaan Makin Mudah dengan Aplikasi Pengelolaan Keuangan Mekari Jurnal - LensaIndonesia.com


Kelola Akuntansi Perusahaan Makin Mudah Herbi Aplikasi Pengelolaan Keuangan Mekari Jurnal

LENSAINDONESIA.COM: Akuntansi yaitu seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan keuangan. Terutama keuangan perusahaan Anda, hal ini sangat dibutuhkan agar menambah ada kesalahan yang bersifat merugikan. Karena itulah bidang ini bisa dibilang sangat utama untuk menunjang kemajuan perusahaan Anda.

Seperti yang Anda sudah ketahui, pekerjaan yang dilakukan oleh seorang akuntan sangatlah banyak meliputi laporan keuangan, laporan neraca dan lain sebagainya. Terlebih semua pekerjaan itu dikerjakan secara manual menggunakan kertas kerja. Walaupun terkadang mereka memakai bantuan Microsoft Excel.

Dalam segi waktu, hal ini Eksklusif saja tidak efisien. Namun dengan semakin berkembangnya teknologi, seluruh pekerjaan pun sudah semakin mudah. Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi pengelolaan keuangan yang beredar tampaknya Mekari Jurnal.

Mengenal Aplikasi Pengelolaan Keuangan

Bermula dari sebuah konsep, aplikasi pengelolaan keuangan merupakan sebuah aplikasi atau program yang dirancang khusus buat memudahkan serta mempercepat perhitungan laporan keuangan, neraca dan berbagai bentuk laporan keuangan dalam satu perusahaan.

Dengan banyaknya transaksi jual beli yang ada, belum lagi jika ditambah dana operasional produksi, semuanya membutuhkan suatu perhitungan yang cermat, cepat namun tapi akurat. Karena itulah aplikasi pengelolaan keuangan ini akan sangat menolong sebuah perusahaan dalam mengolah laporan keuangannya.

Apalagi aplikasi pengelolaan keuangan saat ini sudah mengembangkan teknologinya dengan menggunakan cloud system dimana dengan memakai teknologi tersebut, Anda dapat mengakses data akuntansi kapan dan dimana saja Herbi data yang ditampilkan secara up-to-date atau real time.

Manusia pada dasarnya adalah makhluk malas yang ingin serba instan. Semakin berkembangnya zaman, teknologi terus mengalami perubahan. Dari yang semula cuma buku, pena dan kalkulator, saat ini sudah dapat dikerjakan oleh personal computer (PC) atau laptop.

Pengelolaan keuangan perusahaan biasanya diurus oleh Manajemen Keuangan dan Manajemen Akuntansi. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, manajemen keuangan yang lalu hanya mengutamakan aktivitas memperoleh dana dan menggunakannya, saat ini mengurus juga mengenai pengelolaan aktiv-nya dengan bekerjasama dengan manajemen akuntansi.

Menurut Charles T. Homgren (1993), Akuntansi manajemen adalah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penyiapan, penafsiran, dan komunikasi tentang informasi yang membantu masing-masing eksekutif buat memenuhi tujuan organisasi.
Akuntansi adalah seni dalam mengukur, komunikasi serta dalam menginterpretasikan keuangan. Berikut perbedaan tugas antara Manajer Akuntan dan Manajer Keuangan.

1. Manajer Akuntan

Bertugas mengumpulkan dan menyediakan data keuangan dan berperan dalam memberikan perkembangan. Selain itu, memiliki pandangan dan pemikiran serta dapat menginterpretasikan data mengenai operasi perusahaan yang lalu, saat ini dan yang akan datang.

2. Manajer Keuangan

Bertugas mengevaluasi laporan dari akuntan, menganalisa perkiraan dari pengembalian serta risiko dan juga menmemperoleh mengembangkan data tambahan dan membuat keputusan terhadap hal tersebut.

Untuk mempermudah pekerjaan Akuntan dan tentunya sangat bermanfaat bagi perusahaan, tersedia berbagai aplikasi pengelolaan keuangan yang fungsinya juga menolong pengelolaan keuangan perusahaan. Teknologi ini juga sangat membantu Anda dalam persaingan bisnis, dimana waktu yang biasanya Anda gunakan untuk mengurus pembukuan perusahaan Anda, menmemperoleh dihemat dan digunakan untuk membuat riset mengenai pesaing ataupun prospek pengembangan bisnis Anda kedepannya.

Ada banyak aplikasi pengelolaan keuangan yang ada di Indonesia yang menmemperoleh digunakan oleh orang-orang awam maupun orang yang mengerti akuntansi, agar membantu mempermudah pekerjaan sehari- hari saat mengaplikasikannya. Biasanya beberapa perusahaan Otak besar sudah memiliki divisi tersendiri untuk mengembangkan software ini. Tetapi tidak mengurangi pada Usaha Kecil Menengah (UKM) yang biasanya menggunakan vendor atau pihak ketiga dalam membeli aplikasi pengelolaan keuangan.

6 Manfaat Menggunakan Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan

Adapun manfaat utama dalam penggunaan aplikasi pengelolaan keuangan bagi perusahaan berupa Neraca (Balance Sheet), Laba Rugi, CashFlow serta Laporan Akhir Keuangan.

Berikut tujuh manfaat lain penggunaan aplikasi tersebut

1. Bekerja Lebih Cepat

Dengan teknologi yang semakin canggih, anda hanya butuh waktu sebentar hanya untuk menyelesaikan segala pekerjaan anda. Misalnya yang seharusnya anda membutuhkan waktu bagi menyiapkan buku atau mengganti buku untuk pencatatan keuangan, kini anda bisa menyelesaikannya Berhubungan dengan memasukkan data transaksi ke dalam.

2. Pembukuan Lebih Rapi

Aplikasi pengelolaan keuangan ini biasanya memanfaatkan konsep modularitas misalnya modul Pembelian (account payable), Penjualan (account receivable), Penggajian dan lain sebagainya.

3. Biaya Lebih Murah

Dalam satu perusahaan, untuk mengelola keuangan Berhubungan dengan baik, dibutuhkan tiga atau lebih orang untuk mengatur keuangan. Namun dengan menggunakan software, perusahaan akan lebih efisien dan efektif dalam mengeluarkan biaya dan tidak mengurangi membutuhkan banyak karyawan untuk membuat pembukuan keuangan.

4. Bisnis Lebih Gampang

Dengan suatu bisnis, Anda biasanya dihadapkan Berhubungan dengan berbagai masalah misalnya sumberdaya terbatas ataupun kesalahan dalam melakukan pencatatan. Dengan aplikasi pengelolaan keuangan, hal itu dapat diminimalisir sehingga tidak mengurangi perlu lagi kekhawatiran adanya kesalahan data.

5. Data Lebih Aman

Penggunaan aplikasi pengelolaan keuangan pada sebuah perusahaan sangat menguntungkan dimana data akan otomatis tersimpan dalam server, namun tidak sedikit pula perusahaan yang memiliki server tersendiri sehingga software hanya digunakan bagi mengatur pembukuan saja.

6. Laporan Keuangan Lebih Jelas

Isi laporan keuangan sangatlah banyak dan membutuhkan waktu yang lama bagi menyusunnya secara manual, mulai dari membuat tabel di Microsoft Excel dan lain sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan, anda hanya tinggal memasukkan data ke dalam system saja kemudian jadilah laporan keuangan sepertinya yang diinginkan.

Fitur – Fitur Aplikasi Pengelolaan Keuangan

Agar memudahkan pencatatan Akuntansi perusahaan, maka diperlukan aplikasi pengelolaan keuangan. Di dalam aplikasi tersebut terdapat fitur-fitur yang bermanfaat bagi mengelola keuangan perusahaan setiap harinya. Simak beberapa fitur aplikasi pengelolaan keuangan yang utama untuk Anda ketahui berikut ini.

1. Manajemen Penagihan dan Faktur

Manajemen penagihan faktur adalah mapersoalan satu fitur yang sangat penting bagi segala jenis perusahaan.

Mengelola faktur Berhubungan dengan cara membuat penagihan manual dengan kertas tentu akan sangat merepotkan perusahaan dalam mencari riwayat transaksi faktur yang belum dibayar, selain itu faktur yang dibuat secara manual ini juga sangat mudah rusak dan bisa hilang.

Manajemen penagihan erat kaitannya Berhubungan dengan pengelolaan utang dan piutang perusahaan, sehingga hal ini juga berpengaruh terhadap arus kas perusahaan. Untuk itu, aplikasi keuangan yang baik akan membuat manajemen faktur menjadi Berlebihan sederhana dan dapat dengan mudah digunakan oleh berbagai macam lini bisnis.

Aplikasi akuntansi perusahaan memudahkan manajer keuangan dalam mengelola tagihan customer atau klien Berhubungan dengan melihat riwayat transaksi, karena semua dilakukan secara sistematis di dalam sistem. Aplikasi keuangan yang baik juga menyediakan fungsi reminder bagi faktur yang belum dilunasi.

Fitur manajemen penagihan akan memudahkan para pengusaha dalam membuat, mengelola, serta mengirim faktur kepada customer. Selain faktur bisa dihasilkan secara online, dapat juga dicetak dan dilengkapi berbagai komponen dan dibuat dalam waktu yang cepat.

2. Depresiasi Aset

Setiap perusahaan pasti memiliki aktiva tetapi yakni harta perusahaan yang umurnya lebih dari satu tahun. Untuk itu, jenis aktiva ini mudah menyusut seiring umur pemakaian. Aktiva tetap adalah aset berwujud yang sifatnya relatif lama dan digunakan oleh perusahaan dalam menghasilkan barang dan jasa. Fitur yang tersedia di dalam aplikasi akuntansi yang canggih ini dilengkapi fitur depresiasi aset yang menmemperoleh menyusun aset secara akurat dan otomatis. Fitur depresiasi ini bisa dikatakan menyesuaikan Berhubungan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Dalam perhitungan di aplikasi ini, Anda bisa menyesuaikan Berhubungan dengan standar akuntansi dan pajak yang berlaku.

3. Rekonsiliasi Akun dan Laporan Bank

Rekonsiliasi merupakan hal yang utama untuk memastikan apakah data keuangan di perusahaan menghasilkan data yang akurat. Dengan bantuan aplikasi pengelolaan keuangan ini, laporan bank bisa dihasilkan Berhubungan dengan mudah dan cepat.

4. Manajemen Laba/Rugi Nilai Tukar

Perusahaan yang kebiasaan melakukan transaksi dengan vendor atau customer menggunakan mata uang asing biasanya akan kesulitan bagi melihat laporan yang dihasilkan dari setiap transaksi. Aplikasi akuntansi terbaik bisa membuat penghitungan laba rugi menjadi Penilaian tukar mata uang asing lebih mudah.

Aplikasi pengelolaan keuangan di Indonesia sangat beragam jenisnya. Mulai dari paket standar, biasanya modul yang dipakai modul umum sepertinya Penjualan, Pembelian dan lain sebagainya. Selain paket standar juga tersedia paket custom yang menmemperoleh dimodifikasi sesuai permintaan pasar.

Keuntungan paket customize adalah menmemperoleh dipakai semuanya tanpa ada yang tidak pernah digunakan sehingga pengguna Berlebihan efektif dalam bekerja.
Salah satu aplikasi pengelolaan keuangan yang murah dan Kesamaan banyak dipakai oleh perusahaan atau bisnis saat ini adalah Mekari Jurnal yang saat ini telah mengembangkan teknologinya berbasis Cloud.

Mekari Jurnal merupakan program akuntansi online Berhubungan dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Mekari Jurnal adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha Belum pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan bagi mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Mekari Jurnal hadir sebagai Simple Online Accounting Software bagi menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Mekari Jurnal, maka Berlebihan menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus bagi mengembangkan usahanya.

Mekari Jurnal bisa diakses secara fleksibel, bagi berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan program akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Mekari Jurnal menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan Berlebihan mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Mekari Jurnal telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur di dalamnya seperti:

  • Fitur pembelian dimana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice Berhubungan dengan rinci dan lengkap.
  • Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
  • Cash link.
  • Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
  • Manajemen Stok

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapanpun dan dimanapun.
Mekari Jurnal menmemperoleh di akses di laman https://www.Jurnal.id dan tersedia di platform Android.

Download aplikasinya melalui PlayStore bagi mendapatkan layanan akuntan profesional secara gratis selama 14 hari.***

Terima Kasih Untuk Bapak Yang Sudah Berkunjung Ke Website Kami Cara Jitu Dengan Artikel Yang Berjudul Kelola Akuntansi Perusahaan Makin Mudah dengan Aplikasi Pengelolaan Keuangan Mekari Jurnal - LensaIndonesia.com, Kami Menyajikan Berbagai Macam Tips Dan Cara Yang Bermanfaat Untuk Kita Semua.Jangan Lupa Untuk Selalu Share Artikel Ini Jika Bermanfaat.
Blog : Cara Jitu
Sumber : https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiiQFodHRwczovL3d3dy5sZW5zYWluZG9uZXNpYS5jb20vMjAyMi8xMi8yOC9rZWxvbGEtYWt1bnRhbnNpLXBlcnVzYWhhYW4tbWFraW4tbXVkYWgtZGVuZ2FuLWFwbGlrYXNpLXBlbmdlbG9sYWFuLWtldWFuZ2FuLW1la2FyaS1qdXJuYWwuaHRtbNIBjwFodHRwczovL3d3dy5sZW5zYWluZG9uZXNpYS5jb20vMjAyMi8xMi8yOC9rZWxvbGEtYWt1bnRhbnNpLXBlcnVzYWhhYW4tbWFraW4tbXVkYWgtZGVuZ2FuLWFwbGlrYXNpLXBlbmdlbG9sYWFuLWtldWFuZ2FuLW1la2FyaS1qdXJuYWwuaHRtbD9hbXA9MQ?oc=5

carajitu.biz.id
LihatTutupKomentar